Lanjut Kuliah Lagi

Sebenarnya sudah cukup lama saya punya keinginan untuk melanjutkan kuliah lagi. Bukannya apa-apa, sekarang ini lulusan D3 kayak nggak ada artinya sama sekali. Sudah kayak berjuang mati-matian untuk menghalalkan sang kekasih, tiba-tiba datang om-om kaya yang mengacaukan semua rencana 😂

Lanjut Kuliah Lagi

Banyak pekerjaan yang syaratnya harus S1. Itu artinya, lulusan D3 sudah tertinggal satu langkah dalam hal persyaratan. Mau heran, tapi inilah Indonesia. Cari kerja sama sulitnya dengan mencari jodoh. Belum lagi persyaratannya yang bikin nyesek. Umur maksimal 25 tahun, berpenampilan menarik, bisa berkerja di bawah tekanan, bisa menguasai microsoft office, bisa bernapas dengan kulit, mampu mengendalikan angin, api, air dan tanah 😏

***

Nah, walaupun sudah punya niat untuk melanjutkan kuliah sejak lama, tapi selalu terkendala masalah waktu dan biaya. 

Maklum saja, di Bengkalis belum ada kampus yang menerima mahasiswa transfer dari D3 ke S1. Khususnya untuk jurusan Teknik Informatika. Mau tidak mau, kalau mau melanjutkan S1, paling tidak harus ke Pekan Baru. Itu tempat terdekat dan paling masuk akal untuk di jangkau. 

Cuma tetap saja masalah biaya akan jadi pertimbangan utama. Bayangkan kalau kuliah Jum'at & Sabtu. Untuk transportasi, konsumsi dan penginapan paling tidak menghabiskan Rp. 500 ribu setiap minggunya. Kalau udah satu bulan, tiga bulan atau enam bulan? Masyaallah! Banyak sekali pengeluarannya saudara-saudara 🤣

Setelah biaya, waktu menjadi pertimbangan selanjutnya. Maklum saja, yang biasa melanjutkan kuliah dari D3 itu rata-rata orangnya sudah bekerja. Jangan sampai karena mengejar S1, pekerjaan utama menjadi terganggu. 

Karena dua pertimbangan itulah yang membuat saya selalu mengurungkan niat untuk melanjutkan kuliah lagi.

Tapi pertengahan tahun 2023 kemaren, teman baik saya waktu kuliah dulu, mengajak saya untuk melanjutkan kuliah lagi. Waktu itu saya cuma menjawab singkat, Insyaallah. 

Saya menjawab singkat karena memang tak yakin bisa melanjutkan kuliah. Sebab waktu itu saya punya niat untuk menikah di akhir tahun 2023 yang lalu. Nikah butuh biaya yang besar, jadi melanjutkan kuliah tidak kefikiran sama sekali. 

Tapi, bulan November 2023 yang lalu, karena satu atau lain hal, pernikahan saya di tunda. Dan dua hari kemudian, teman saya chat lagi untuk menanyakan apakah saya mau melanjutkan kuliah bareng dia atau tidak? 

Dengan penuh keyakinan, saya langsung jawab mau. Pemikiran saya sederhana saja waktu itu. Dari pada nunggu kosong menuju pernikahan, mending saya isi dengan melanjutkan kuliah. Paling tidak nanti saya punya gelar S1 dan bisa ikut tes PPPK. 

Dan akhirnya saya melanjutkan kuliah lagi bareng teman saya Susanti. Kami sudah berteman lebih dari 15 tahun lamanya. Sudah kayak saudara kandung.

Di awal masuk, kami berjanji masuk kuliah sama, tamat kuliah pun harus sama. Apapun rintangan dan halangan kedepannya, harus bisa di hadapi sama-sama.

Awalnya kami fikir, kuliahnya wajib datang ke kampus hari Jum'at dan Sabtu setiap minggunya. Tapi Alhamdulillah kami dapat keringanan. Bisa kuliah secara online. Tentu saja kami senang banget. Hal ini sudah pasti bisa menghemat biaya. Paling yang harus stand by hanya paket internet untuk mengikuti kuliah online menggunakan Google Meet. 

Selain itu, uang semester nya juga bisa di cicil. Ini kabar yang cukup menyenangkan. Sambil menjalani proses perkuliahan, kami bisa mengumpulkan uang sedikit demi sedikit untuk menyicil uang semester.

Ya, mudah-mudahan saja kuliah kami lancar-lancar saja sehingga tahun depan bisa mendapatkan gelar sarjana. Aamiin!

0 Response to "Lanjut Kuliah Lagi"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar terkait tulisan di atas. Gunakan bahasa yang baik dan sopan. Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel